AnyMind Group merilis modul analisis ulasan pelanggan yang didukung GenAI untuk Shopee dan Lazada di AnyX

Modul baru di AnyX dirancang untuk mendukung perencanaan e-commerce bagi perusahaan di Asia Tenggara melalui analisis massal otomatis terhadap ulasan dari Shopee dan Lazada

Singapura – 23 Oktober 2024 – AnyMind Group, perusahaan BPaaS untuk pemasaran, e-commerce, dan transformasi digital, hari ini mengumumkan peluncuran modul pada platform manajemen e-commerce-nya, AnyX, yang memanfaatkan kecerdasan buatan generatif (GenAI) untuk mengumpulkan dan menganalisis ulasan pelanggan di pasar e-commerce. Pada saat peluncuran, kemampuan ini kompatibel dengan Shopee dan Lazada, dan segera tersedia di enam pasar Asia Tenggara: Singapura, Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. 

Dengan pasar e-commerce Asia Tenggara yang terus bertumbuh hingga mencapai estimasi ukuran pasar dari US$139 miliar pada tahun 2023 menjadi US$186 miliar pada tahun 2025, memahami umpan balik pelanggan secara akurat dan meresponsnya dengan cepat telah menjadi keunggulan kompetitif utama bagi para brand.

Namun, menganalisis sejumlah besar ulasan pelanggan multi-bahasa secara manual telah menimbulkan tantangan waktu dan biaya yang signifikan. Untuk mengatasi tantangan ini, modul analisis ulasan pelanggan baru yang didukung GenAI memungkinkan merek untuk melapisi data ulasan pada kinerja penjualan lintas-saluran yang dilacak secara real-time dan membuat keputusan berbasis data dengan cepat. Hal ini kemudian dapat diterapkan pada area-area seperti:

– Evaluasi Kinerja Produk: Menganalisis korelasi antara ulasan pelanggan dan kinerja penjualan di setiap saluran untuk mengidentifikasi produk yang paling disukai pelanggan.

– Strategi Pemasaran yang Dioptimalkan: Menyesuaikan kampanye promosi berdasarkan sentimen pelanggan dan topik utama yang diekstrak dari ulasan, menyelaraskan strategi dengan kebutuhan pelanggan di setiap saluran.

– Peningkatan Produk yang Ditargetkan: Menyesuaikan fitur atau penawaran produk berdasarkan umpan balik pelanggan, khususnya menargetkan saluran yang kinerjanya mungkin tertinggal.

Pada saat peluncuran, modul ini memiliki sejumlah fitur yang meliputi:

– Ringkasan Ulasan: Pemanfaatan GenAI untuk meringkas data ulasan, memungkinkan merek untuk mendapatkan wawasan tentang pendapat pelanggan tentang produk tanpa harus melalui ulasan dalam jumlah besar.

– Analisis Topik Ulasan: Ekstraksi topik dan fitur yang sering disebutkan dari ulasan pelanggan, membantu merek memahami kekuatan produk dan area yang perlu ditingkatkan.

– Tinjau Analisis Sentimen: Penggunaan GenAI untuk menganalisis sentimen pelanggan (positif, negatif) yang diekspresikan dalam ulasan, memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada merek mengenai kepuasan pelanggan secara keseluruhan terhadap produk atau layanan mereka.

– Analisis Perbandingan Ulasan Kompetitor: Penerapan GenAI untuk membandingkan ulasan produk dengan ulasan kompetitor, sehingga memungkinkan merek menilai posisi pasar mereka secara real-time.

Pada peluncuran modul analisis ulasan pelanggan GenAI yang baru, Ryuji Takemoto, Managing Director of Product Development, AnyMind Group, mengatakan: “Dengan diperkenalkannya GenA Review Analysis Module, AnyX telah berevolusi menjadi platform yang menawarkan wawasan strategis yang lebih dalam. Dengan memanfaatkan teknologi AI, kami memungkinkan merek untuk memahami pelanggan mereka di berbagai pasar di Asia Tenggara, mengatasi hambatan bahasa. Kami akan terus meningkatkan fitur-fitur platform ini untuk mendukung brand dalam ekspansi e-commerce global mereka.”

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES